Progres Bosei Kanojo #1


Halo semua, terasa sudah lama banget sejak postingan pengumuman projek terjemahan ini dibuat. Banyak hal yang terjadi sehingga membuat projek ini, ya bisa dibilang belum selesai. Pada kesempatan kali aku akan menyampaikan apa saja sih yang sudah terjadi, lalu progres sampai saat ini serta detail dari apa yang akan tim kami lakukan untuk projek ini kedepannya. Yang ingin aku tekankan pada penyampaian progres kali ini ialah, "Apapun yang sudah terjadi dan akan terjadi kedepannya, tim kami akan terus berusaha sampai projek terjemahan ini selesai. Jadi tidak perlu khawatir hehe."

Projek terjemahan vn Bosei Kanojo ini merupakan projek kolaborasi dengan pembagian yang bisa dilihat dihalaman projeknya. Tim projek ini yang terdiri mahasiswa. Jadi sudah dipastikan penerjemahan visual novel ini dilakukan diwaktu senggang kami. Seiring berjalannya waktu, progres penggarapan projek ini juga berjalan lancar, sampai suatu saaat dimana progres projek ini berhenti tiba tiba. Penyebab berhentinya bukan karena hal yang mengejutkan kok. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya tim ini terdiri dari mahasiswa, karena kesibukan perkuliahan online pada masa pandemi ini. Tugas yang terasa lebih banyak dan gampang menumpuk dari biasanya. Terlebih translator untuk projek ini sepertinya mahasiswa tahun terakhir sehingga makin sibuklah keseharian dia. Lalu yang QC serta editor kesibukannya lebih padat dari pada aku yang mana dia berasal dari jurusan teknik. Aku sendiripun juga juga sibuk dengan tugas perkuliahan walau tidak se-hectic mereka. Sehingga secara alamiah projek ini dihiatuskan. Baru dilanjutkan beberapa waktu ini karena sedang memasuki masa liburan.

Untuk progresnya sendiri bisa teman teman lihat sendiri dihalaman project atau dari #log-terjemahan di discord. Jadi sebelum hiatus ini aku juga sering mengfollow-up sudah sejauh mana progres terjemahannya, sampai 72% kemaren aku sudah mendapat filenya. Tetapi ketika kumintai setelah itu tidak ada balasan dari penerjemahnya. Disela sela kesibukanku aku terus menanyai progresnya tetapi masih belum ada balasan juga. Kadang aku juga lupa untuk menanyainya kambali. tetapi sewaktu ingat lagi aku coba hubungi dan masih sama saja belum ada balasan. Sepertinya dia makin sibuk dengan kesehariannya dan aku juga memakluminya. Sebab itu terjemahan tidak ada progresnya. Karena sangat tanggung rasanya akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan terjemahannya. 

Sekarang ini progresnya yaitu akan dilanjutkan kembali terjemahannya, soalnya yang sudah diterjemahkan itu belum dichek dan diedit sehingga beberapa waktu lalu aku fokus mengerjakan itu terlebih dahulu. Saat ini untuk file yang sudah diterjemahkan sudah selesai QC dan editnya sehingga bisa dimulai kembali proses penejermahannya oleh diriku. Tetapi jangan berekspektasi selesai segera walau tidak banyak lagi yang akan diterjemahkan. Soalnya saat postingan ini dibuat kegiatan perkuliahan semester ini sudah dimulai sehingga mungkin prioritas utama kesitu dulu. Aku harap teman teman memaklumi hal itu. 

Sekian pemberitahuan progres terjemahan visual novel bosei kanojo kali ini. Teman teman bisa pantau terus dihalaman projek atau lewat discord kami di #log-terjemahan.

2 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama