Terjemahan ShiinaMaho Selesai


Terima kasih Telah Menunggu. Iyeey! Akhirnya project terjemahan Bahasa Indonesia visual novel Shiina Maho no Himitsu telah selesai.

Memang memakan waktu rada lama sejak update progress terakhir, soalnya sewaktu mau memulai menerjemahkan menu UI nya terjadi beberapa masalah. Sedikit cerita mengenai proses menerjemahkan UI nya itu. Visual novel ini memakai engine game Unity. Mungkin berbeda dengan VN yang aku translate sebelumnya, tentu teknis menerjemahkannya juga sedikit berbeda. Setelah selesai TL story dan juga Qcnya tentu dimulailah tahap selanjutnya. Seperti biasa ekstract asset lalu modif lalu repack, tetapi sewaktu ditest digamenya malah membuatnya gamenya tidak jalan. Hitam pekat saja layarnya. Karena itu aku mencari cari bagaimana cara menyelesaikan masalah ini dan akhirnya setelah beberapa hari ada yang membantu menjawab pertanyaan dari permasalahan ini di forum fuwanovel. Aku sangat berterimakasih atas bantuan darimu, Mas marcus-beta.
 
Maka dari itu harap maklum ya, nanti cara memasang patch nya nanti sedikit berbeda dan mungkin bagi beberapa orang ini bisa dibilang ribet. Ya mau diapakan lagi Ini cara yang berhasil untuk menerjemahkan UI nya kali ini.

Mungkin kalau ada cara yang lebih mudah lagi kedepannya akan terapkan di-update patch nya. Untuk Terjemahan Visual Novel kali ini aku sudah sedikit yakin mengenai terjemahannya. Paling tidak udah ga se'ancur' Mamanaru kemaren. Aku sudah belajar banyak sejak itu. Sesudah Patch Vn ShiinaMaho ini rilis aku akan memperbaiki beberapa typo dan eror yang sudah ditemukan di vn Mamanaru, baru mungkin sesudah itu aku akan mulai translate vn yang lain.

Masih mengenai terjemahannya, aku harap maklum ada beberapa kata yang aku singkat, soalnya ini mengikuti ukuran teks boks dialogue vn nya. Bisa sih kalimatnya dipotong dan dibuat di bagian teks baru. tetapi tetap saja ada yang harus aku singkat karena sangat tanggung untuk dipotong. Kalimatnya ga panjang tapi ga cukup untuk di teks boks dalam sistemnya. Maka dari itu aku mengharapkan maklumatnya mengenai itu ya. Patch terjemahan dan tutorial memasang patchnya dapat di-download disini.

Seperti kata orang orang, di dunia ini tidak ada yang sempurna, nah memang sudah melewati tahap QC dan editing. Tetapi tetap saja mungkin ada beberapa typo dan kesalahan lain dalam pengetikannya yang terlewat oleh ku. Maka dari itu sekali lagi jika ditemukan typo, bug, atau error dan lain sebagainya. Harap laporkan di direct message Facebook page atau di discord server kami.

Sekian post rilisan patch Visual Novel Shiina Maho no Himitsu, aku sangat senang karena telah memambah konten bacaan pemain visual novel di Indonesia. Dengan ini aku berharap semakin banyak peminat visual novel kedepannya.

1 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama